USS Theodore Roosevelt CVN-71, Kapal Induk Amerika Serikat Kunjungi Vietnam

KangUsHa 11:00
Loading...
radarmiliter.com - Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS), USS Theodore Roosevelt, yang membawa sejumlah jet tempur dan persenjataan canggih menyambangi Vietnam. Itu merupakan kapal induk kedua AS yang mengunjungi negara komunis itu dalam dua tahun terakhir.
USS Theodore Roosevelt, seperti dikutip vnexpress, Sabtu (7/3/2020), tiba di pusat kota Da Nang di Vietnam sejak hari Kamis lalu. Kapal raksasa itu melakukan kunjungan lima hari sampai Senin nanti.
USS Theodore Roosevelt CVN-71
USS Theodore Roosevelt CVN-71 
USS Thedore Roosevelt merapat di Pelabuhan Tien Sa bersama dengan kapal perang pengawalnya, USS Bunker Hill. Kapal induk ini memiliki 5.000 anggota awak. Sedangkan USS Bunker membwa 1.500 awak, sehingga armada tempur tersebut memiliki total 6.500 awak.
Kapal raksasa Amerika ini adalah kapal induk bertenaga nuklir kelas Nimitz. Panjangnya 1.092 kaki (332,8 meter), memiliki bobot 117.000 ton dan dapat mengangkut 90 pesawat tempur. Ia membawa tiga Phalanx CIWS, sistem senjata jarak dekat untuk pertahanan terhadap ancaman di udara seperti misil dan helikopter anti-kapal, dua RIM-7 Sea Sparrow, dan dua rudal surface-to-air inframerah RIM-116.
Di atasnya terparkir empat skuadron dari Boeing F/A-18E dan F/A-18F Super Hornet, satu skuadron dari Boeing EA-18G Growler, dua skuadron dari Sikorsky SH-60/MH-60 Seahawk, helikopter multi-misi, satu skuadron Northrop Grumman E-2 Hawkeye dan satu skuadron pesawat kargo Greyhound Grumman C-2.
Sedangkan pengawalnya, kapal perang USS Bunker Hill, memiliki panjang 567 kaki (173 meter) panjang, lebar 55 kaki (17 meter) dan bobot 9.300 ton.
Kunjungan USS Theodore Roosevelt dan pengawalnya berlangsung ketika Vietnam dan AS merayakan 25 tahun hubungan diplomatik.
Dua tahun lalu, USS Carl Vinson mengunjungi Da Nang selama lima hari. Kunjungan itu menandai tonggak sejarah dalam hubungan diplomatik antara kedua mantan musuh. Itu adalah pertama kalinya kapal induk Angkatan Laut AS berlabuh di Vietnam, empat dekade setelah berakhirnya Perang Vietnam. (Muhaimin)(RM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon