Kapal Rumah Sakit Terapung Buatan PT PAL Meluncur di Oktober 2021

KangUsHa 10:50
Loading...
radarmiliter.com - PT PAL Indonesia (Persero) tengah mengerjakan produksi kapal yang akan beroperasi sebagai Rumah Sakit Terapung. Rencananya, kapal ini akan meluncur pada Oktober 2021.
PAL merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang selama ini memproduksi kapal selam juga perang. Kali ini, TNI Angkatan Laut (AL) meminta perusahaan untuk memproduksi kapal rumah sakit terapung.
KRI Banjarmasin - 592
KRI Banjarmasin - 592 
Pelaksana Tugas Kepala Departemen Humas PT PAL Indonesia, Utario Esna Putra, mengatakan pengerjaan kapal tersebut hingga kini masih terus berjalan. Sesuai rencana, kapal ditargetkan bisa beroperasi efektif pada Oktober 2021.
"Yang sekarang sedang dibangun dari awal rancangan memang diperuntukkan berperan sebagai rumah sakit terapung. Pemesannya dari TNI AL," ujar Utario kepada Merdeka.com di Jakarta, Selasa (14/4/2020).
Utario mengatakan, desain dan fungsi kapal ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kapal pada umumnya yang diproduksi oleh PT PAL Indonesia. Perusahaan juga akan menerapkan protokol khusus jika kapal ini nantinya sudah selesai dibangun.
"Nanti beroperasi di daerah yang dibutuhkan. Betul (menerapkan protokol khusus). Kapal ini direncanakan selesai di Oktober 2021," paparnya.
Adapun desain kapal ini sebagian besar mirip dengan KRI Banjarmasin. Namun nantinya, akan ada modifikasi desain agar kapal mampu menampung peralatan rumah sakit.
"Saat ini sedang dibangun dan sedang dalam tahap erection di graving dock. Sebelumnya di awal tahun 2019 PAL pernah menyelesaikan LPD Semarang, di mana merupakan kapal sekelas dengan KRI Banjarmasin, namun dimodifikasi untuk menampung perlatan rumah sakit," tandasnya.
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon