Tiongkok Luncurkan LHD Type 075 Kedua untuk AL Tiongkok

KangUsHa 15:21
Loading...
radarmiliter.com - Kapal serbu amfibi kedua Tiongkok, Landing Helicopter Dock (LHD) Type 075, diluncurkan di Shanghai hari ini sekitar pukul 1 siang waktu setempat oleh galangan kapal Hudong Zhonghua. Kapal ini ditujukan untuk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN atau Angkatan Laut Tiongkok).
 LHD Type 075 Kedua AL Tiongkok
 LHD Type 075 Kedua AL Tiongkok 
Foto yang dibagikan oleh pengamat kapal setempat di Sina Weibo (platform media sosial Tiongkok) hari ini menunjukkan construction dock tempat Type 075 dibangun diisi air. Foto lain menunjukkan kapal itu sedang ditarik oleh kapal tunda di sebelah kapal amfibi Type 075 yang pertama. Disini galangan kapal akan terus bekerja selama beberapa bulan ke depan.
Menurut media setempat, besok akan menandai peringatan ke-71 berdirinya Al Tiongkok.
Kapal Type 075 pertama di kelasnya, yang diluncurkan 6 bulan lalu, dan saat ini sedang dalam tahap fitting out di galangan kapal, terbakar seminggu lalu. Menurut media lokal, jadwal produksi kedua kapal Type 075 telah terpengaruh oleh penutupan pabrik secara nasional karena epidemi COVID-19. Sementara kerusakan api pada kapal pertama terlihat ringan di luar, belum diketahui kerusakan yang terjadi didalam LHD dan apakah insiden itu akan mempengaruhi mulainya sea trial yang direncanakan.
Angkatan Laut Tiongkok secara resmi memulai pekerjaan pengembangan kapal Type 075 pada 2011. Proyek itu bertujuan membangunn sebuah kapal induk helikopter dengan displacement lebih dari 30.000 ton. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan serangan amfibi "vertikal" AL Tiongkok dengan mempertimbangkan Pantai Timur Taiwan yang bergunung-gunung.
Adapun spesifikasinya, rumor yang beredar adalah "displacement 36.000 ton", "kapasitas 28 helikopter", "mesin diesel dengan 9.000 kW 16PC2-6B" dan "empat CIWS termasuk dua HQ-10 dan dua H/PJ-11".
Type 075 tampak sedikit lebih kecil dari LHA Angkatan Laut AS, namun lebih besar dibandingkan dengan LHD Perancis atau Spanyol/Australia. Ukurannya sebenarnya cukup dekat dengan LHD masa depan Italian Trieste yang sedang dibangun.
Type 075 pertama dibangun dalam waktu singkat (hal ini telah menjadi hal normal saat ini, namun untuk pembuatan kapal Tiongkok, kecepatan pembangunannya sangat cepat sehingga tidak ada yang bisa menandingi). Kapal berikutnya dengan versi yang lebih besar dikabarkan akan direncanakan.
Ketika beroperasi penuh, Type 075 LHD baru ini akan mendukung kemampuan amfibi AL Tiongkok, yang saat ini mengandalkan kapal LPD Type 071.(Angga Saja-TSM)
Sumber :  navalnews.com
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon