Alexandria Shipyard Mesir Luncurkan Korvet Gowind Terakhir AL Mesir

KangUsHa 08:22
Loading...
radarmiliter.com - Letnan Jenderal Ahmed Khaled Hassan Said Ahmed, Komandan Angkatan Laut Mesir, menghadiri upacara peresmian kapal korvet ENS Luxor (986) dari kelas Gowind, di Alexandria pada 14 Mei lalu. Kapal tersebut adalah kapal korvet ketiga yang dibangun di dalam negeri Mesir, bekerja sama dengan Naval Group, salah satu pemimpin industri Perancis di bidang pembuatan kapal dan teknologi manufaktur. Gubernur Alexandria dan delegasi tingkat tinggi Perancis yang dipimpin oleh duta besar Perancis untuk Mesir dan juga para eksekutif, pekerja dan insinyur dari Alexandria Shipyard Company menghadiri upacara tersebut.
Korvet Gowind Mesir
Korvet Gowind Mesir 
ENS Luxor, yang dibangun oleh Alexandria Shipyard Company bekerja sama dengan Naval Group Prancis, memiliki panjang total 102 meter, lebar 16 meter, displacement 2.600 ton dan kecepatan maksimum 25 knot. Jangkauannya pada kecepatan 15 knot adalah 3.700 mil laut. Termasuk detasemen helikopter, awaknya mencapai 65 orang. Kapal korvet kelas Gowind yang diproduksi secara lokal pertama di Mesir, ENS Port Said, diluncurkan dengan upacara di Alexandria pada 6 September 2018 sementara kapal yang dibuat secara lokal kedua, Al-Moez, diluncurkan pada 12 Mei 2019.
Pada 2014, Mesir menandatangani kontrak senilai € 1milyar dengan Naval Group untuk membeli empat korvet Gowind 2500 dengan opsi untuk dua kapal tambahan. Secara terpisah, MBDA menegosiasikan kontrak untuk melengkapi kapal dengan rudal pertahanan udara MICA Vertical Launch dan rudal anti-kapal MM40 Block 3, bernilai tambahan 400 juta euro, sementara Naval Group menegosiasikan kontrak 100-200 juta euro untuk torpedo. Tiga dari korvet tersebut akan dibangun di Mesir oleh Alexandria Shipyard dalam perjanjian transfer teknologi.
Desain Gowind adalah keluarga kapal patroli lepas pantai, korvet dan frigat baja monohull, yang dikembangkan sejak 2006 oleh Naval Group Prancis, yang sebelumnya dikenal sebagai DCNS, untuk melakukan misi di zona pesisir seperti perang anti-kapal selam (ASW). Keluarga kapal Gowind mencakup kapal dengan panjang dari 85 meter hingga 111 meter dan displacement dari 1.000 ton hingga 3.100 ton. Naval Group menawarkan dua varian desain: Gowind 1000 dan Gowind 2500 sedangkan Malaysia dengan bantuan Naval Group mengembangkan Gowind 3100 secara lokal.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon