DESAER Brasil dan CEiiA Portugal akan Kembangkan Pesawat Angkut Ringan ATL-100 - Radar Militer

28 Mei 2020

DESAER Brasil dan CEiiA Portugal akan Kembangkan Pesawat Angkut Ringan ATL-100

radarmiliter.com - Perusahaan Brasil Desenvolvimento Aeronáutico (DESAER) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Teknik dan Produk Portugal (Centro de Engenharia e Desenvolvimento de Produto - CEiiA) untuk melanjutkan pengembangan pesawat ringan multi-role twin-truboprop ATL-100. Kesepakatan yang diungkapkan pada pertengahan Mei lalu, akan memungkinkan DESAER dan CEiiA untuk bersama-sama mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan ATL-100. Pesawat tersebut akan dibuat dalam varian sipil dan militer. Versi militer akan mampu melakukan peran-peran seperti angkut pasukan, dukungan logistik, search and rescue, penerjunan pasukan, patroli maritim, liaison, pengawasan perbatasan, evakuasi medis, dan operasi pasukan khusus.
Ilustrasi  Pesawat Angkut Ringan ATL-100
Ilustrasi Pesawat Angkut Ringan ATL-100 
ATL-100 akan memiliki berat take-off maksimum 7.500 kg, kecepatan jelajah 380 km/jam, panjang 16 m, tinggi 6 m, rentang sayap 20 m, muatan maksimum 2.500 kg, jangkauan jelajah maksimum 1.500 m, dan ketinggian operasi maksimum 25.000 kaki. Dengan konfigurasi untuk transportasi penumpang (hingga 19 orang) dan untuk kargo (2,5 ton), pesawat ini bertujuan untuk “memenuhi kebutuhan transportasi regional di daerah berpenduduk padat dan di daerah paling terpencil, membutuhkan sedikit dukungan infrastruktur di darat dan kemungkinan mendarat di landasan pendek yang tidak beraspal".
Fase industrialisasi dan komersialisasi akan segera dimulai, dan “dalam semua fase, proyek akan dilakukan oleh para profesional Portugal dan Brasil di bidang infrastruktur yang berlokasi di Portugal dan Brasil. CEiiA dan DESAER menganggap bahwa kemitraan ini akan menambah keterampilan pelengkap untuk sektor dirgantara di Portugal dan Brasil, selain menjadi proyek penting untuk inovasi teknologi dan penciptaan pendapatan dan pekerjaan di kedua negara.
ATL-100 akan berada dalam kelas yang sama dengan pesawat-pesawat seperti de Havilland Canada DHC-6 Twin Otter, Harbin Y-12 dan pesawat-pesawat baru seperti Cessna SkyCourier 408 dan PTDI N-219.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb