Desain Fregat FREMM Fincantieri Menangkan Kompetisi Fregat Angkatan Laut AS

KangUsHa 12:55
Loading...
radarmiliter.com - Fincantieri yang berpusat di Italia mendapat kontrak dari Angkatan Laut Amerika Serikat senilai $ 795 juta untuk perincian desain & pembangunan kapal pertama di galangan kapal Marinette di Wisconsin. Opsi hingga 10 kapal bisa membuat kontrak bernilai hingga $ 5,6 miliar. Fincantieri bersaing dengan menawarkan desain fregat berdasarkan fregat FREMM Angkatan Laut Italia.
Angkatan Laut AS memberikan kontrak untuk merancang dan memproduksi kapal kombatan permukaan kecil next generation, Guided Missile Frigate (FFG(X)) pada hari Kamis lalu (30/04). Kontrak untuk detail design and construction (DD&C) hingga 10 Fregat Berpeluru Kendali (terdiri dari satu kapal awal dan sembilan kapal opsi) diberikan kepada Marinette Marine Corporation (MMC) dari Marinette, Wisconsin, menurut pengumuman.
Desain Fregat FREMM Fincantieri
Desain Fregat FREMM Fincantieri  
FFG (X) akan memiliki kemampuan multi-misi untuk melakukan perang udara, perang anti-kapal selam, perang permukaan, perang elektronik, dan operasi informasi. Secara khusus FFG (X) akan memiliki radar Enterprise Air Surveillance Radar (EASR), Baseline Ten (BL10) AEGIS Combat System, Sistem Peluncuran Vertikal (VLS) Mk 41, sistem komunikasi, MK 57 Gun Weapon System (GWS), perangkat countermeasure dan penambahan kemampuan di bidang EW/IO dengan fleksibilitas desain untuk perkembangan di masa depan.
Proses akuisisi untuk FFG (X) dimulai pada 2017. Sejak itu Angkatan Laut AS telah bekerja sama dengan pihak Industri untuk menyeimbangkan biaya dan kemampuan. Angkatan Laut AS merilis Request for Proposals DD&C FFG (X) ke pihak industri pada 20 Juni 2019. Proposal teknis diterima pada Agustus 2019 dan proposal biaya diterima pada September 2019. Kompetisi ini adalah kompetisi penuh dan terbuka dengan berbagai penawaran diterima.
Fincantieri bersaing melawan 3 pembuat kapal lain, yaitu: Austal dengan desain fregat berdasarkan LCS kelas Independence-nya, Bath Iron Works (bermitra dengan Navantia dari Spanyol) dengan desain fregat berdasarkan fregat F100, Huntington Ingalls Industries dengan desain yang baru.
Kapal fregat masa depan Angkatan Laut AS akan didasarkan pada fregat FREMM Angkatan Laut Italia dalam varian anti-submarine warfare (ASW) (tipe Virginio Fasan tetapi dengan cukup banyak dimodifikasi, terutama pada sisi atas). Kapal akan memiliki panjang 496 kaki (151,18m), lebar 65 kaki (19,81m) dengan displacement 7.500 ton.
Dalam hal sistem senjata, fregat akan dilengkapi dengan semua peralatan yang diperlengkapi pemerintah AS sebagaimana diuraikan oleh persyaratan Angkatan Laut AS, yaitu meriam utama 57mm Mk110, 32x VLS Mk41, hingga 16x rudal anti-kapal NSM, CIWS RAM. Fregat masa depan itu akan akan dilengkapi dengan radar AN/SPY-6(V)3 dari Raytheon dan baseline 10 Aegis combat management system.(Xavier Vavasseur)(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon