Ditengah Covid-19, F-16 TNI AU Tetap Amankan Wilayah ALKI I

KangUsHa 20:18
Loading...
radarmiliter.com - Dalam situasi pandemi Covid-19 dan Bulan Suci Ramadhan Skadron Udara 16 tingkatkan kewaspadaan dan patroli udara, kemungkinan adanya gangguan keamanan di wilayah ALKI I (Alur Laut Kepulauan Indonesia) I, Riau, Rabu (6/5/2020).
Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., mengatakan, bahwa Skadron Udara 16 Tetap Bersiaga Mengamankan Perairan NKRI dalam situasi yang sedang tidak menentu, dimana perhatian segenap komponen bangsa tersedot dalam penanganan wabah covid-19.
F-16 TNI AU  Amankan Wilayah ALKI I
F-16 TNI AU  Amankan Wilayah ALKI I 
"Ini bukan merupakan alasan untuk menurunkan kesiapsiagaan di bidang pertahanan, TNI AU selalu siap dalam melaksanakan tugasnya, yaitu menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional," ungkap Ronny.
Danlanud Rsn menjelaskan, bahwa kegiatan pengamanan ini dilaksanakan secara terjadwal dan terkoordinasi dengan satuan tugas laut. Operasi ini bertujuan untuk menegakkan hukum dan kedaulatan di perairan yurisdiksi nasional ALKI I.
Selanjutnya Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel PNB Setiawan menjelaskan, bahwa Skadron Udara 16 tetap beroperasi secara penuh dengan melaksanakan kegiatan pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I dengan sandi Operasi Alur Samudera-20.
"Skadron Udara 16 yang berada dibawah kendali satuan tugas udara, dikerahkan untuk melaksanakan patroli udara maritim bersenjata di sektor yang sudah ditentukan. Beroperasi dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru, pesawat F-16 dapat dengan cepat menjangkau jalur ALKI I yang meliputi perairan Selat Karimata sampai dengan Selat Sunda," ungkap Setiawan.
Kolonel PNB Setiawan menjelaskan, bahwa Flight F-16 bertugas untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan mengadakan kerjasama dengan unsur laut untuk menindaklanjuti segala bentuk ancaman dan sasaran yang mencurigakan.
"Dalam pelaksanaan patroli, segenap awak pesawat F-16 diharuskan untuk selalu dapat berkonsentrasi penuh, karena sewaktu-waktu dituntut bisa turun ke ketinggian rendah dan bermanuver untuk menindaklanjuti sasaran," ungkap Setiawan.
Kemudian Komandan Skadud 16 Letkol PNB Bambang Apriyanto, S.T. menjelaskan, bahwa durasi patroli yang cukup lama dan jarak jauh yang membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang prima, seluruh awak pesawat dituntut untuk tetap profesional meskipun melaksanakan operasi di bulan Ramadhan, dimana sebagian besar personilnya sedang menjalankan ibadah puasa.
"Meskipun di tengah Pandemi Covid 19 dan Bulan Suci Ramadhan, Rydder tidak sedikitpun akan menurunkan kesiapan operasionalnya, karena kedaulatan dan keamanan nasional adalah hal yang mutlak dan merupakan prioritas yang utama, terlebih lagi kemungkinan ancaman yang datang tidak mengenal waktu dan tempat," ungkap Bambang.
Operasi pengamanan ALKI I ini telah berlangsung dari tanggal 29 April 2020 sampai tanggal 11 Mei 2020.(Pen Lanud Rsn)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon