Frigat Kelas I atau Kelas Istanbul Proyek MILGEM Pertama akan Diluncurkan pada 2020 - Radar Militer

24 Mei 2020

Frigat Kelas I atau Kelas Istanbul Proyek MILGEM Pertama akan Diluncurkan pada 2020

radarmiliter.com - Menurut berita yang diterbitkan di situs web Turki "Defense and Technology" tanggal 21 Mei 2020, frigat kelas I atau kelas Istanbul pertama proyek MILGEM, proyek kapal perang nasional Turki, akan diluncurkan pada tahun 2020. Dikelola oleh Angkatan Laut Turki, proyek ini bertujuan untuk mengembangkan kapal korvet dan fregat multipurpose yang dapat digunakan dalam berbagai misi, termasuk pengintaian, pengawasan, peringatan dini, perang anti-kapal selam, perang permukaan ke permukaan dan perang permukaan ke udara, dan operasi amfibi.
Proyek MILGEM Turki
Proyek MILGEM Turki 
Pada tahun 2005, Istanbul Naval Shipyard Command telah memulai pembangunan kapal pertama proyek MILGEM, korvet kelas Ada TCG Heybeliada. Pada tahun 2014, perusahaan teknologi dan rekayasa pertahanan Turki STM terpilih sebagai kontraktor subprime untuk pembangunan kapal kelas Ada yang lainnya. Lebih dari 50 pemasok lokal, termasuk perusahaan pertahanan Turki seperti Aselsan dan Havelsan memainkan peran penting dalam mengembangkan subkomponen lokal untuk sistem command-and-control dan electronic battle management system.
Dalam ruang lingkup Proyek MiLGEM, kapal perang permukaan abad ke-21 yang kompleks, yang dilengkapi dengan teknologi modern dengan standar tinggi dirancang dan diintegrasikan untuk pertama kalinya, dengan penggunaan semaksimal mungkin sumber daya nasional, rekayasa bersama dengan dukungan industri lokal Turki. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan kapal perang Turki asli dengan kemampuan tempur modern dan kemampuan patroli laut lepas dengan penggunaan luas prinsip-prinsip teknologi stealth.
Dalam proyek ini, peran perusahaan Turki STM adalah untuk menyediakan, merancang, integrasi sistem propulsi utama, akuisisi sistem, bahan dan peralatan. Tiga kapal korvet kelas Ada yang pertama berdinas pada Angkatan Laut Turki masing-masing pada tahun 2011, 2013 dan 2018. Pembangunan korvet ke-4 saat ini sedang berlangsung di Istanbul Naval Shipyard.
STM telah resmi diizinkan untuk melakukan ekspor korvet kelas Ada dan platform serupa termasuk semua jenis kombatan permukaan.
Frigat kelas-I atau kelas Istanbul adalah varian yang diperbesar dari korvet anti-kapal selam kelas Ada, dengan peningkatan endurance dan pemasangan sistem peluncuran vertikal (VLS) Mk.41.
Selain menggunakan senjata, perlindungan diri dan sistem perang anti-kapal selam dari kelas Ada, frigat kelas Istanbul akan memiliki dua kali jumlah rudal anti-kapal dan akan dilengkapi dengan VLS Mk.41 yang mampu menembakkan rudal RIM-66 Standard, RIM-162 ESSM dan VL ASROC, bersama dengan sistem lain untuk peningkatan kemampuan tempur multi-perannya.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb