Kepala Program Kapal Induk Tiongkok Hadapi Tuduhan Korupsi

KangUsHa 19:33
Loading...
radarmiliter.com - Kepala program kapal induk Tiongkok sedang diselidiki oleh pengawas anti-korupsi negara itu - beberapa bulan setelah perusahaan pembuat kapal induk itu dihantam oleh skandal mengenai bocornya informasi rahasia.
Hu Wenming, mantan pimpinan China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC), diduga melakukan pelanggaran serius terhadap disiplin dan hukum - sebuah eufemisme yang biasanya merujuk pada kejahatan ekonomi dan korupsi - menurut Komisi Pusat Inspeksi Disiplin Tiongkok pada hari Selasa (12/05).
Kapal Induk Shandong CV-17
Kapal Induk Shandong CV-17 
Seoran narasumber militer Tiongkok yang mengetahui masalah ini mengatakan penyelidikan dimulai ketika Hu pensiun dari CSIC pada bulan Agustus tahun lalu. Kasus ini menyusul hukuman penjara Sun Bo, mantan general manager perusahaan, pada tahun lalu, yang telah bekerja selama 12 tahun di perusahaan karena pelanggaran korupsi. Komisi tidak mengatakan apakah kedua kasus itu terkait.
Sun, yang dipenjara karena menerima suap dan penyalahgunaan kekuasaan pada bulan Juli, dituduh oleh pengawas anti-korupsi karena tidak mengikuti perintah dari pimpinan pusat, merugikan kepentingan perusahaan milik negara, dan berbohong kepada tim inspeksi yang dikirim oleh pengawas anti-korupsi.
Sun dituduh memberikan informasi rahasia kepada negara asing tentang Liaoning, kapal induk pertama Tiongkok yang berfungsi sebagai template bagi kapal induk kedua negara itu, Shandong.
Hu bergabung dengan CSIC sebagai pimpinan partai dan general manager pada 2010. Dia mengawasi pengembangan kapal induk Liaoning, yang dibangun kembali dari kapal Ukraina, dan Shandong, kapal induk domestik pertama Tiongkok yang mulai bertugas pada Desember 2019.
CSIC merger dengan China State Shipbuilding Corporation pada tahun lalu. Perusahaan ini juga membangun kapal Angkatan Laut Tiongkok lainnya, termasuk kapal destroyer besar Tipe 055 dan kapal serbu amfibi Tipe 075.
Karier Hu membentang di industri angkatan laut, angkatan udara dan darat, dengan posisi di Aviation Industry Corporation of China, pengembang kendaraan lapis baja dan amunisi China North Industries Group Corporation, dan CSIC. Selain kapal induk, Hu juga terlibat dalam pengembangan jet tempur J-10.
CSIC diperiksa dua kali oleh pengawas anti-korupsi selama masa jabatan Hu. Perusahaan dituduh menghilangkan aset negara. Dia berjanji untuk meluncurkan tindakan keras menyeluruh terhadap korupsi di dalam perusahaan.
Dalam putaran inspeksi berikutnya pada Maret tahun lalu, pengawas menemukan bahwa CSIC tidak mematuhi aturan otoritas pusat terhadap pemborosan, gagal untuk memperbaiki kesalahan yang ditunjukkan oleh tim inspeksi, dan gagal untuk menerapkan sistem yang ketat pada pengangkatan personel.
Hu pada waktu itu mengatakan perusahaan akan secara lebih jauh menghilangkan celah dalam manajemennya, dan belajar dari pengalaman menangani kasus Sun.(Angga Saja-TSM)
Sumber  : scmp.com
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon