Kisah Si Macan F-5E/F Tiger II 35 Tahun Menjaga Langit Indonesia - Radar Militer

08 Mei 2020

Kisah Si Macan F-5E/F Tiger II 35 Tahun Menjaga Langit Indonesia

radarmiliter.com - 5 Mei 1980, menjadi hari yang bersejarah bagi TNI Angkatan Udara. Karena saat TNI AU membeli alutsista berupa pesawat tempur yang cukup cangih di zamannya.
Kala itu TNI membeli sejumlah pesawat tempur F-5E/F Tiger II dari negara adi daya Amerika Serikat yang dibuat pabrik Northrop Co.
Sebenarnya F-5E/F Tiger II dibeli untuk menggantikan pesawat tempur F-86 Avon Sabre, pesawat tempur buru sergap lainnya milik Indonesia yang jam terbangnya dinyatakan habis. Sehingga F-86 Avon Sabre dinyatakan tidak layak terbang lagi.
 F-5E/F Tiger II  TNI AU
 F-5E/F Tiger II  TNI AU 
Berdasarkan informasi yang diterima melalui unggahan yang dibagikan TNI AU melalui akun Instagram Rabu 6 Mei 2020, landasan udara Lanud Iswahjudi terdapat Skadron Udara 14 yang merupakan home base jet tempur F-5E/F Tiger II atau yang lebih dikenal orang sebagai “Si Macan”.
Dahulu pesawat tempur Si Macan tiba di Indonesia tanggal 21 April 1980 dan ditempatkan di Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi. Sebanyak 8 unit dari 16 unit pesawat diangkut dengan menggunakan pesawat C-5A Galaxy milik Military Airlift Command USAF yang diterbangkan langsung dari Amerika Serikat.
Sementara, sisa pesawat dikirim pada 5 Juli 1980. Kemudian pesawat tempur tersebut dirakit kembali di Skadron Udara 14 dengan melibatkan teknisi dari TNI AU. Si Macan sendiri diketahui dilibatkan dalam sejumlah operasi dan latihan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Beberapa operasi yang melibatkan Si Macam di antaranya Operasi Panah di wilayah Aceh pada tahun 1990-1992, Operasi Elang Sakti XXI (Operasi Pengamanan Perbatasan NTT) tahun 1999, dan juga Operasi Oscar yang merupakan operasi pengamanan wilayah perairan.
Pada tanggal 28 April 2016, Armada F-5E/F Tiger II melaksanakan penerbangan terakhir di Indonesia lewat misi Simulated Surface Attack (Phoenix Flight) dengan TS 0216 yang diterbangkan Phoenix 1 Letkol Pnb Abdul Haris dan Phoenix 2 Mayor Pnb I Kadek Suta Arimbawa yang menerbangkan TS 0512.
Setelah menjaga dan menjelajahi langit Indonesia selama 35 tahun, pesawat F-5E/F akhirnya dijadikan sebagai monumen dengan nomor TS 0512.
Tujuannya untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda TNI AU, terutama yang sedang menempuh pendidikan Seskoau di Lembang. Tak hanya itu, kehadiran pesawat F-5E Tiger juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat terutama di daerah Bandung dan sekitarnya. (Febrinka Indirawati)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb