KRI Teluk Amboina-503, Landing Ship Tank Yang Eksis Sejak 1961

KangUsHa 18:16
Loading...
radarmiliter.com - KRI Teluk Amboina-503 menjadi satu-satunya kapal perang Republik Indonesia yang masih beroperasi hingga saat ini. Kapal buatan Jepang ini mulai dibuat pada tahun 1960.
Setelah pembuatannya selesai dalam kurung waktu satu tahun, kapal perang ini berlayar menuju Indonesia dan tiba pada 6 Juli 1961. Satu bulan berikutnya, tepat pada tanggal 2 Agustus 1961 KRI Teluk Amboina-503 ini dikukuhkan dalam jajaran armada RI.
KRI Teluk Amboina-503
KRI Teluk Amboina-503 
Berdasarkan informasi Kolinlamil Kamis 14 Mei 2020, kapal ini berjenis Landing Ship Tank (LST). Daya tampung yang dimiliki kapal ini juga tergolong cukup besar, untuk mengangkut personel saja, KRI Teluk Amboina-503 mencapai 610 personel.
Sementara itu, kapal ini juga mampu mengangkut kendaraan perang berupa tank sebanyak 17. Tak hanya itu, KRI Teluk Amboina-503 juga mampu mengangkut 32 mobil angkut personel berupa jeep dan 18 truk.
Riwayat pengoperasian kapal ini juga tergolong banyak, kapal ini tercatat sudah pernah menjelajah daerah-daerah Indonesia bagian Timur seperti, Trikora, Seroja, Pamrahwan Maluku atau Maluku Utara, dan Ambalat.
Wilayah-wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia, Timor Leste, kapal ini juga turut andil dalam poreses pengamanannya. (Febrika Indirawati)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon