Saab Serahkan Pesawat AEW&C GlobalEye Pertama ke UEA

KangUsHa 04:45
Loading...
radarmiliter.com - Saab menyerahkan pesawat peringatan dini dan kendali udara (AEW&C) GlobalEye pertama ke Uni Emirat Arab (UEA) pada 29 April kemarin, perusahaan Saab mengumumkan.
Dalam kedinasan Angkatan Bersenjata UEA, pesawat ini dikenal sebagai Swing Role Surveillance System (SRSS).
 AEW&C GlobalEye Pertama ke UEA
 AEW&C GlobalEye Pertama ke UEA 
“Pengiriman GlobalEye pertama ini adalah tonggak bersejarah bagi Saab, tetapi juga merupakan langkah penting dalam sejarah peringatan dini dan kendali udara. Kami telah menetapkan standar baru untuk pasar dan saya bangga mengatakan bahwa kami telah memberikan solusi pengawasan udara paling canggih di dunia ke Uni Emirat Arab”, kata Micael Johansson, Presiden dan CEO Saab.
Pada Dubai Air Show 2015, UEA memberikan kontrak pengembangan dan produksi senilai USD1,27 miliar kepada Saab dengan pesanan awal untuk dua sistem GlobalEye. Pesanan tambahan, senilai USD238 juta, oleh UEA untuk sistem ketiga diumumkan pada 2017. Pada November 2019 negara itu juga mengumumkan niatnya untuk menyelesaikan amandemen kontrak untuk pembelian dua sistem tambahan.
GlobalEye adalah solusi peringatan dini dan kendali udara (AEW & C) yang baru. Ia memberikan pengawasan udara, laut dan darat dalam satu solusi. GlobalEye menggabungkan Erieye Extended Range Radar baru Saab dan berbagai sensor canggih tambahan dengan pesawat jarak jauh Global 6000 dari Bombardier.
Pesawat GlobalEye diluncurkan oleh Saab pada Februari 2018 dan penerbangan perdana dilakukan pada bulan berikutnya.
Pesawat mempunyai jangkauan deteksi yang luas, durasi terbang yang lama dan kemampuan untuk melakukan berbagai peran, termasuk tugas-tugas seperti search and rescue, pengawasan perbatasan dan peringatan lanjutan atas ancaman militer.
Erieye ER GlobalEye adalah radar multi-mode active electronically scanned array (AESA) S-band yang dikembangkan dari radar Saab Erieye. Sistem radar tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi sasaran udara yang sulit dideteksi (low-observable) dalam kondisi gangguan dan jamming yang berat dan juga dapat mendeteksi dan melacak sasaran maritim hingga elevated horizon dan jet-ski kecil atau rigid inflatable boat (RIB) pada jarak yang sangat jauh.
Radar pencarian AESA maritim Leonardo Seaspray dan sistem sensor elektro-optik FLIR juga merupakan bagian dari paket yang dipasang pada sistem GlobalEye UEA.(Angga Saja-TSM)
Sumber : defpost.com
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon