Tank ZTQ15 AD Tiongkok Dioperasikan di Wilayah Tibet

KangUsHa 07:02
Loading...
radarmiliter.com - Menurut gambar-gambar yang dipublikasikan di China Defense Blog pada 02 Mei 2020, tank ringan ZTQ15 atau Type 15 buatan Tiongkok kini telah beroperasi pada Brigade Senjata Gabungan Lapis Baja Berat ke-54, Komando Wilayah Militer Tibet. Tank ringan baru itu juga bernama VT5 untuk versi ekspor, yang diperkenalkan kepada publik pada Zhuhai AirShow China pada November 2016.
Tank ZTQ15 AD Tiongkok
Tank ZTQ15 AD Tiongkok 
Type 15 atau ZTQ15 dipamerkan untuk pertama kalinya kepada publik oleh AD Tiongkok selama parade militer untuk peringatan ke-70 berdirinya Republik Rakyat Tiongkok pada bulan September 2019. Menurut para insinyur perusahaan NORINCO, VT5 dikembangkan untuk pasar ekspor. Menurut sumber-sumber militer Tiongkok, tank ringan VT5 terpilih digunakan oleh AD Bangladesh.
Tank Type 15 dirancang untuk memenuhi persyaratan dari AD Tiongkok untuk tank modern yang lebih ringan dan mudah bergerak yang dapat secara efektif beroperasi di dataran tinggi, hutan, dan daerah basah di Tiongkok di mana tank yang lebih berat mengalami kesulitan untuk melintasinya.
Type 15 memiliki berat 33 hingga 36 ton tergantung pada armor yang dipasang pada tank. Dengan berat ini, tank menawarkan mobilitas lebih dari tank tempur utama standar namun dengan tingkat daya tembak yang setara. Rasio daya terhadap berat adalah antara 27 dan 30 hp/ton tergantung pada paket armor. Tank ini dapat digunakan di daerah pegunungan dan beroperasi di medan yang tidak dapat diakses oleh tank tempur utama standar yang beratnya sekitar 50 ton seperti ZTZ99
Persenjataan utama tank Type 15 terdiri dari satu meriam rifled 105 mm dengan thermal sleeve dan fume extractor yang memiliki jarak tembak maksimum 3.000 m. Persenjataan utama juga mencakup sistem pemuatan amunisi otomatis. Persenjataan kedua Type 15 mencakup satu remote controlled weapon system yang dipasang di atap turret yang dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 mm dan satu peluncur granat 40mm otomatis. Dua baris berisi tiga pelontar granat asap dioperasikan secara elektrik dipasang pada setiap sisi di bagian belakang turret dan dihubungkan ke detektor laser.
Tata letak Type 15 standar untuk sebuah tank dengan awak tiga orang, termasuk pengemudi yang duduk di tengah depan hull, penembak dan komandan di turret. Type 15 dapat dipasang dengan dua konfigurasi armor yang berbeda. Hull dan turret Type 15 dibuat dengan all-welded steel armor yang memberikan perlindungan terhadap penembakan senjata ringan dan serpihan amunisi artileri.
Untuk meningkatkan perlindungan, Type 15 dapat dilengkapi dengan armor komposit canggih dan/atau explosive reactive armor (ERA) dan slat armor (armor sangkar) di sisi turret dan kedua sisi hull untuk meningkatkan perlindungan terhadap granat berpeluncur roket (RPG) dan peluru kendali anti-tank.
Type 15 dapat berjalan pada kecepatan jalan maksimum 70 km/jam, 35 hingga 40 km/jam dalam kondisi off-road dengan jarak jelajah maksimum 450 km.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon