Xi Jinping: China Siap Perang untuk Laut China Selatan dengan Negara Manapun

KangUsHa 19:41
Loading...
radarmiliter.com - Presiden China, Xi Jinping memerintahkan militer yang bertanggung jawab memantau Laut China Selatan (LCS) dan Taiwan untuk meningkatkan kompetensinya dengan memperkuat latihan.
Xi mengatakan perkuatan latihan militer bertujuan untuk menyiapkan diri saat menangani segala macam kondisi darurat.
Liaoning Strike Group
Liaoning Strike Group 
Komando Teater Selatan China memiliki tanggung jawab berat dalam beberapa tahun terakhir terkait upaya pengamanan Laut China Selatan.
"Penting untuk memperkuat misi dan memusatkan persiapan berperang. Kita perlu mempertimbangkan semua situasi kompleks dan membuat rencana darurat yang sesuai," ujar Xi dalam pidatonya seperti mengutip lembaga penyiaran negara, CCTV seperti mengutip South China Morning Post.
"Kita harus meningkatkan latihan kesiapan tempur, latihan bersama, dan latihan konfrontasi untuk meningkatkan kemampuan prajurit dan persiapan untuk perang," ujarnya menambahkan.
Rincian pidatonya tidak dirilis ke publik oleh media pemerintah hingga Jumat (22/5) lalu.
Xi melakukan kunjungan ke komando militer sebagai bagian dari agenda empat hari perjalanannya ke Provinsi China Selatan. Kunjungannya kali ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan di tengah hambatan ekonomi dan meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat.
Salah satu misi utama Komando Teater Selatan adalah mengawasi Laut Cina Selatan, sebuah wilayah di mana ketegangan dan aktivitas militer yang melibatkan China, AS, dan kekuatan lain.
Pengamat militer dari Nanyang Technologi University Singapura Collin Koh mengatakan ucapan Xi kali ini menyiratkan sikap modal dan penegasan kembali klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan.
"Kemungkinan ini dimaksudkan sebagai sinyal khusus kepada AS dan semua pihak yang Beijing anggap sebagai penyebab provokasi (di perairan yang disengketakan)," ujar Koh, peneliti studi internasional Nanyang University.
Menurut Koh, pidato Xi kepada Komando Teater Selatan juga dinilai sebagai sebuah peringatan yang jelas bagi pasukan pro-kemerdekaan di Taiwan, karena wilayah militer itu berbagi tanggung jawab dengan Komando Teater Timur untuk memantau pulau itu. (ans/evn)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon