AD Finlandia akan Uji Kendaraan Taktis SISU GTP 4×4

KangUsHa 23:35
Loading...
radarmiliter.com - Angkatan Darat Finlandia telah mengumumkan akuisisi enam kendaraan taktis ringan SISU GTP 4×4 dari Oy Sisu Auto untuk keperluan pengujian. Komando Logistik Pasukan Pertahanan Finlandia mengambil keputusan akuisisi tersebut pada 4 Juni. Nilai total kontrak, tidak termasuk PPN, adalah sekitar EUR 3,8 juta. Keenam kendaraan itu dijadwalkan akan dikirim pada tahun 2021.
SISU GTP 4 × 4 adalah keluarga kendaraan lapis baja modular yang dikembangkan oleh Oy Sisu Auto Ab. GTP mampu berjalan secara off-road dan di jalan raya, cocok untuk mengangkut muatan serta pasukan. Versi pick-up dapat membawa muatan hingga lima ton.
Kendaraan Taktis SISU GTP 4×4
Kendaraan Taktis SISU GTP 4×4 
GTP dibangun secara modular. Ini berarti kendaraan dapat dengan mudah diubah agar sesuai dengan penggunaan di lapangan. Saat ini ada tiga opsi berbeda untuk konstruksi atas; kabin patroli untuk 2 + 3 orang, kabin awak untuk 2 + 8 orang dan versi "station wagon".
Pihak pabrikan mengatakan bahwa penggantian penuh pada konstruksi atas dapat dilakukan dalam waktu sekitar setengah jam, asalkan semua kabin yang diperlukan berada di dekatnya. Pemikiran di balik konstruksi modular adalah bahwa semua kabin dan sasis yang berbeda dapat disatukan meskipun nomor seri atau sasis yang berbeda. Servis dan perawatan rutin juga sangat mudah dilakukan, dengan bantuan konstruksi modular. Misalnya, ketika kabin dilepas, akan ada akses mudah ke komponen drive line utama.
Salah satu aspek terpenting dari proyek GTP ini adalah menyediakan layanan jaringan cadangan yang besar. Ini difasilitasi berkat penggunaan banyak komponen Daimler. Mesin yang digunakan adalah mesin diesel 6 silinder dari Mercedes-Benz Zetros Unimog, sedangkan gearbox otomatis enam percepatan berasal dari Allison. Mesin 300 hp Mercedes-Benz OM926 dan transmisi otomatis Allison digabungkan untuk memberi SISU GTP tenaga dan torsi yang sangat penting dalam melaksanakan berbagai tugas operasional yang dibebankan bagi kendaraan.
Untuk perjalanan off-road ada pengurangan gearbox dengan fungsi elektro-hidrolik. Drive linenya adalah 4x4 permanen dan ada kunci diferensial di setiap tiga gigi diferensial. Setiap roda memiliki suspensi pegas baja terpisah. Peredam kejut dan pegas dapat menangani berbagai gerakan.
Menurut Sisu, ada juga yang disebut "kit komponen Mercedes-Benz", yang mencakup selain mesin dan roda gigi yang disebutkan sebelumnya, kabel harness dan interface pengguna di kabin dari Mercedes-Benz. Bahkan skema baut roda mirip dengan truk berat Mercedes-Benz. Jadi GTP sangat terkait dengan truk berat Daimler.
Teknologi kendaraan dari seri SISU GTP (mesin, transmisi, sistem kelistrikan, interface pengemudi) mirip dengan yang digunakan untuk berbagai kendaraan Mercedes-Benz, oleh karena itu biaya siklus hidup kendaraan menjadi ekonomis, dan pengguna dapat memelihara kendaraan dengan metode yang sama seperti untuk truk Mercedes-Benz. Selain itu, karena kendaraan Mercedes-Benz ini digunakan secara operasional di banyak negara, keamanan pasokan suku cadang tersedia di seluruh dunia. Selain itu, pembuatan serial ini efisien karena penggunaan luas komponen dan teknologi yang telah diproduksi secara massal.
Meskipun banyak suku cadang Daimler, Sisu GTP adalah kendaraan buatan Finlandia. Desain dan perakitan bagian baja, termasuk pengelasan, semuanya dilakukan "in-house" di Finlandia. Bahan baja (baja lapis baja) berasal dari produsen baja Finlandia SSAB.
Ketebalan pelat baja tidak diungkapkan oleh perusahaan, tetapi mereka mengatakan bahwa kabinnya terbukti tahan terhadap tembakan senjata ringan. Kendaraan juga menggunakan kaca anti peluru. Ketebalan kaca anti peluru berdasarkan pengamatan visual, sekitar 35–40 milimeter.
Konstruksi kokoh dapat dilihat di pintu dan di mekanisme-nya. Engsel-nya sangat kuat dan handal dan memiliki perangkat pengunci seperti di brankas. Meskipun begitu, handling pintu sangat mudah dan mulus. Perangkat pengunci dirancang untuk menahan gelombang kejut dari ledakan ranjau di bawah kendaraan.
Sasis kendaraan memiliki bagian bawah bentuk-V yang dirancang untuk menangkis efek ledakan ranjau di bawah kendaraan. GTP juga memberikan perlindungan terhadap pecahan granat. Sisu memiliki pengalaman luas dalam memproduksi kendaraan lapis baja. Pengetahuan ini yang digunakan dalam mengembangkan proyek GTP.
Ground clearance kendaraan 400mm dan mampu melintasi kedalaman 850mm. Dalam sebuah pengujian pihak perusahaan, angka itu bahkan lebih besar, 1.200mm. Pintu nampak cukup kecil jika dibandingkan dengan ukuran seluruh kendaraan. Ukuran pintu dirancang secara akurat untuk mencapai keamanan maksimum terhadap ledakan.
Interior kabin cukup sederhana, tetapi yang paling penting, sangat praktis dan handal. Dasbor nampak seperti mesin konstruksi, tetapi sangat ideal untuk jenis lingkungan yang digunakan kendaraan ini. Sebagian besar sakelar berasal dari Hella, seperti yang digunakan pada banyak mesin berat. Panel pengukur (gauge) berasal dari kit komponen Mercedes-Bent dan tuas persneling dari Allison.
Visibilitas dari dalam kendaraan sangat baik ke segala arah, kecuali penglihatan ke belakang. Kendaraan dilengkapi dengan sistem kamera dibelakang dengan layar monitor di dalam kabin. Pabrikan mengatakan bahwa GTP dapat mencapai kecepatan lebih dari 60 mph (96,56 km/jam). Kendaraan juga memiliki rem cakram pneumatik yang dilengkapi dengan ABS. Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 200 liter, yang menurut pabrikan dengan mudah memberikan jangkauan lebih dari 400 mil (643,73 km) di jalan raya.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon