Angkatan Darat Perancis Terima 100 Kendaraan Arquus VT4 Standard 2 - Radar Militer

19 Juni 2020

Angkatan Darat Perancis Terima 100 Kendaraan Arquus VT4 Standard 2

radarmiliter.com - Badan Pengadaan Pertahanan Prancis (DGA) telah menerima 100 kendaraan Arquus VT4 Standard 2 yang akan segera diserahkan kepada Angkatan Darat Prancis.
“Pengiriman kendaraan VT4 berlanjut. DGA menerima batch ke-3 sejumlah 100 kendaraan taktis 4x4 dalam standar 2.2 dan mengizinkan pengirimannya ke Angkatan Darat Prancis (Armée de terre), sehingga jumlah VT4 yang dikirim pada tahun 2020 menjadi 300,” kata DGA pada 16 Juni.
Arquus VT4 Standard 2
Arquus VT4 Standard 2 
Prancis berencana untuk mengoperasikan 3.700 kendaraan Arquus VT4 pada tahun 2025. Kendaraan tersebut akan menggantikan armada kendaraan taktis Peugeot P4 yang sudah menua yang digunakan sejak 1980-an.
Arquus menerima pesanan untuk memasok 500 VT4 Standard 1 ke Angkatan Darat Prancis sebagai bagian dari program Scorpion pada Desember 2016. Dua tahun kemudian, perusahaan menandatangani kontrak dengan DGA untuk pengiriman 1.200 kendaraan Standard 2 baru. Kesepakatan itu juga mencakup pemeliharaan dalam kondisi operasional (MCO) dengan paket dukungan harga tetap, memastikan 95% kesiapan operasional-teknis selama 14 tahun.
VT4 adalah versi misi khusus dari kendaraan Arquus Trapper. VT4 adalah kendaraan 4x4, non-lapis baja, ringan dan serbaguna, dirancang untuk pos komando dan misi penghubung (liaison). Kendaraan dapat menampung 5 tentara atau 4 tentara yang dilengkapi sistem FELIN. Dengan muatannya hingga 900kg, kendaraan dirancang untuk beroperasi di dalam negeri (Sentinelle, pelatihan, penghubung), dan untuk operasi diluar negeri di wilayah yang ancamannya rendah.
Konfigurasi VT4 Standard 1 dilengkapi dengan paket dasar dari spesifikasi Standard 2, sementara versi Standard 2 diinstal dengan paket pra-peralatan yang memungkinkan integrasi sistem komunikasi modern dan peralatan khusus misi lainnya yang diperlukan untuk pengerahan ke luar negeri.
Menurut perusahaan, kendaraan Standard 2 menggabungkan 350 fitur baru bersama dengan kemampuan canggih dibandingkan dengan Standard 1 termasuk integrasi sistem komunikasi dan pemosisian modern, rak tambahan, peralatan penarik, dan lampu darurat. VT4 Standard 2 juga dirancang agar dapat diangkut melalui udara, untuk memberikannya kemampuan taktis tambahan.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb