Ceko Usir Dua Diplomat Rusia, Moskow Siapkan Respon

KangUsHa 03:44
Loading...
radarmiliter.com - Rusia mengaku kesal dengan keputusan Ceko mengusir dua orang diplomatnya. Moskow mengatakan, langkah Ceko tersebut tidak akan dibiarkan dan mereka tengah menyiapkan respon yang memadai.
"Langkah Praha tidak hanya akan menerima tanggapan yang memadai tetapi juga akan diperhitungkan ketika mengambil sikap Rusia terhadap Ceko. Seseorang harus bertanggung jawab atas provokasi semacam itu," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.
Konsulat Rusia
Konsulat Rusia 
Kedutaan Besar Rusia di Praha, seperti dilansir Sputnik pada Senin (8/6/2020), menyebut keputusan tersebut adalah langkah yang sangat tidak bersahabat.
"Tindakan tidak bersahabat ini, yang didasarkan sejak awal atas tuduhan yang tidak berdasar di media, membuktikan kurangnya minat Praha dalam normalisasi hubungan Rusia-Ceko, yang akhir-akhir ini memburuk, dan ini bukan kesalahan kami," katanya.
Sebelumnya diwartakan, Ceko mengusir dua diplomat Rusia karena menyebarkan kabar bohong terkait serangan racun terhadap Wali Kota Praha. Perdana Menteri Ceko, Andrej Babis mengatakan rencana serangan itu karangan diplomat Rusia akibat perselisihan internal para diplomat Rusia.
Pada bulan April lalu, Wali Kota Praha Zdenek Hrib mengatakan, ia berada di bawah perlindungan polisi setelah muncul laporan yang menyebut ada komplotan yang ingin menyerang tiga politisi Ceko. Media Ceko kemudian melaporkan bahwa seorang diplomat Rusia membawa koper berisi racun risin ke negara itu untuk melakukan pembunuhan.
"Seluruh kasus terjadi sebagai akibat perselisihan internal di antara para pekerja di kedutaan (Rusia). Salah satu dari mereka mengirim informasi palsu tentang serangan yang direncanakan terhadap politisi Ceko ke layanan kontra-intelijen kami," ujar Babis.
"Kami tertarik memiliki hubungan baik dengan semua negara, tetapi kami adalah negara berdaulat dan tindakan semacam itu tidak dapat diterima di wilayah kami," sambungnya. Namun, Babis tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang informasi baru.(Victor Maulana)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon