FNSS Serahkan 26 Kendaraan Anti-Tank Kaplan ATVS ke AD Turki

KangUsHa 23:04
Loading...
radarmiliter.com - Menurut berita yang dipublikasikan oleh situs web Daily Sabah pada tanggal 23 Juni 2020, perusahaan Turki FNSS telah menyerahkan 26 kendaraan penghancur tank Kaplan (Anti-Tank Vehicle System) yang dilengkapi dengan turret ARCT UMTAS kepada Angkatan Darat Turki. Ini adalah kendaraan tempur pertama yang dilengkapi dengan turret rudal anti-tank UMTAS yang dirancang dikembangkan oleh perusahaan lokal Roketsan.
Kendaraan Anti-Tank Kaplan ATVS
Kendaraan Anti-Tank Kaplan ATVS 
Mengutip Daily Sabah, Pimpinan FNSS Nail Kurt mengatakan bahwa 26 kendaraan tersebut telah diserahkan hingga saat ini dalam lingkup proyek kendaraan pengangkut senjata yang sebelumnya telah ditandatangani antara Badan Kepresidenan Industri Pertahanan Turki (SSB) dan FNSS.
Nail Kurt menambahkan, bahwa kendaraan Pars 4x4, yang juga telah dikembangkan di bawah lingkup proyek yang sama, direncanakan juga akan diserahkan dengan rudal UMTAS.
Kaplan adalah kendaraan lapis baja beroda rantai yang sepenuhnya dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan Turki FNSS. KAPLAN adalah generasi baru kendaraan tempur lapis baja yang memiliki kemampuan untuk bergerak bersama dengan tank tempur utama, dan memiliki power-to-weight ratio 23 hp/ton, termasuk bobot sistem komunikasi dan transmisi otomatis.
Kaplan digerakkan dengan mesin diesel yang dipasangkan dengan sistem transmisi otomatis penuh. Kendaraan dapat berjalan pada kecepatan jalan maksimum 70 km/jam dengan jarak jelajah maksimum 650 km. Kendaraan ini sepenuhnya berkemampuan amfibi tanpa persiapan dan didorong di dalam air berkat dua sistem propulsi air yang dipasang di belakang.
Kaplan ATVS telah dikembangkan secara khusus untuk digunakan sebagai kendaraan lapis baja anti-tank dan telah berhasil menyelesaikan tes penembakan yang dilakukan menggunakan rudal anti-tank KORNET buatan Rusia dan UMTAS buatan Turki yang diluncurkan dari Anti-Tank Remote Controlled Turret (ARCT) buatan FNSS.
UMTAS adalah rudal anti-tank yang dikembangkan oleh perusahaan Turki Roketsan. Rudal terutama dirancang untuk digunakan pada helikopter serang. UMTAS memiliki ukuran panjang 1,8 m dan diameter 160 mm dan berat 37,5 kg. Seeker imaging infrared rudal memungkinkan penggunaan rudal tersebut di siang atau malam hari, dan dalam kondisi cuaca buruk, dan RF data link-nya memberikan kemampuan operasional yang fleksibel. Rudal dapat digunakan dalam mode fire-and-forget atau fire-and-update dengan kemampuan lock-on before launch atau lock-on after launch. Mode fire-and-forget memungkinkan senjata untuk melakukan perjalanan di jalurnya sendiri setelah dilakukan iluminasi target. Dengan didorong oleh propelan komposit tanpa asap berbasis HTPB, rudal anti-tank UMTAS memiliki jangkauan tembak dari 0,5 km hingga 8 km.
Turret ARCT yang dipasang pada kendaraan lapis baja Kaplan dilengkapi dengan dua kontainer peluncur rudal UMTAS yang siap diluncurkan dan senapan mesin koaksial 7,62 mm sebagai senjata sekunder.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon