Italia Setujui Penjualan Dua Fregat Fincantieri FREMM untuk AL Mesir

KangUsHa 08:09
Loading...
radarmiliter.com - Menurut informasi yang dikeluarkan oleh kantor berita Italia ANSA pada 8 Juni 2020, Italia menyetujui penjualan dua fregat FREMM kepada Angkatan Laut Mesir. Sebelumnya pada bulan Februari 2020, diumumkan bahwa pembuat kapal Italia Fincantieri akan menandatangani kesepakatan dengan Mesir untuk membeli dua kapal perang frigat serbaguna Eropa (FREMM).
 Fregat Fincantieri FREMM
 Fregat Fincantieri FREMM  
Menurut laporan itu, fregat ini kemungkinan diambil dari kapal FREMM yang sedianya dibuat untuk memenuhi program pengadaan Angkatan Laut Italia, yaitu kapal "Spartaco Schergat" (F598) yang diluncurkan pada Januari 2019 dan "Emilio Bianchi" (F599), yang diluncurkan pada Januari 2020. Hal ini memungkinkan Fincantieri untuk menjual kapal tersebut dengan perkiraan biaya € 1,2 miliar. Dua kapal tersebut sebelumnya ditawarkan ke Brasil, tapi nampaknya AL Mesir yang akan mendapatkannya. Sebelumnya Mesir juga pernah membeli kapal fregat FREMM dari Prancis yang sedianya akan digunakan oleh AL Prancis.
FREMM ("fregat serbaguna Eropa"; Prancis: Frégate européenne multi-misi; Italia: Fregata europea multi-missione) adalah kelas frigat serba guna yang dirancang oleh Naval Group dan Fincantieri untuk Angkatan Laut Perancis dan Italia. Kapal pertama kelas tersebut, Aquitaine, diresmikan pada November 2012 oleh Angkatan Laut Prancis.
Kapal Spartaco Schergat adalah varian fregat FREMM yang dikonfigurasi untuk keperluan umum dengan displacement beban penuh 6.900 ton dan panjang 144 meter. Kapal ini membawa meriam OTO Melara, sistem peluncur vertikal 16-sel yang meluncurkan rudal Aster 15 dan Aster 30, sistem peluncur torpedo ringan MU90 (Torpedo Launching System) dan sistem rudal anti-kapal Teseo MK2/A, yangh dibuat berdasarkan rudal Otomat. Kapal juga memiliki flight deck untuk menerbangkan dua helikopter.
Kapal Emilio Bianchi, seperti unit lainnya, memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi, yang mampu beroperasi di semua situasi taktis. Panjang 144 meter dengan lebar 19,7 meter, kapal memiliki displacement pada beban penuh sekitar 6.700 ton. Kapal memiliki kecepatan maksimum lebih dari 27 knot dan memiliki kapasitas akomodasi maksimum untuk 200 orang awak.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon