Jet Tempur J-10 China Masuki ADIZ Taiwan ke-4 Kalinya dalam 2 Minggu - Radar Militer

18 Juni 2020

Jet Tempur J-10 China Masuki ADIZ Taiwan ke-4 Kalinya dalam 2 Minggu

radarmiliter.com - Sebuah jet tempur J-10 dan pesawat angkut militer Shaanxi Y-8 China memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan pada hari Rabu. Militer Taipei mengatakan itu adalah "serangan" keempat kalinya dalam dua minggu ini.
Sehari sebelumnya, yakni pada hari Selasa, jet tempur J-10 China juga melintas di lepas pantai barat daya Taiwan, tidak jauh dari Kota Kaohsiung.
Jet Tempur J-10 China
Jet Tempur J-10 China 
Menurut pernyataan militer Taipei, sebuah pesawat jet tempur J-10 dan pesawat angkut Shaanxi Y-8 Beijing memasuki ADIZ pulau tersebut. Namun, kedua pesawat dicegat dan diusir oleh patroli Angkatan Udara Taiwan.
"Patroli jet tempur Taiwan secara lisan memperingatkan pesawat China, yang segera meninggalkan ADIZ," bunyi pernyataan militer Taipei, seperti dikutip Reuters, Kamis (18/6/2020).
Kementerian Pertahanan setempat mengatakan insiden sebelumnya selama dua minggu terakhir melibatkan jet tempur Su-30 pada 9 Juni, Y-8 pada 12 Juni, dan J-10 pada 16 Juni.
Selama periode yang sama, pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat juga lewat di dekat Taiwan, dan paling sering melintas di Selat Bashi yang memisahkan negara itu dari Filipina.
Beijing sampai saat ini menganggap Taiwan sebagai bagian dari China dan mengancam akan memaksanya tunduk dengan kekuatan militer jika perlu. Namun, pulau itu telah memerintah sendiri dan menolak menjadi bagian dari China dengan kebijakan "satu negara, dua sistem".(Muhaimin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb