Kapal Induk Type 001A Shandong AL Tiongkok Lakukan Sea Trial

KangUsHa 19:50
Loading...
radarmiliter.com - Pada konferensi pers yang diadakan pada hari Jumat 29 Mei 2020, Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok telah mengumumkan bahwa Angkatan Laut Tiongkok (Tentara Pembebasan Rakyat) sedang melakukan sea trial untuk kapal induk Type 001A Shandong sesuai dengan rencana uji coba tahunan, kata Senior Colonel Ren Guoqiang, juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok.
Kapal Induk Type 001A Shandong
Kapal Induk Type 001A Shandong 
Kapal induk pertama Tiiongkok yang dibangun sepenuhnya didalam negeri, Type 001A Shandong meninggalkan Dalian Shipyard di timur laut Provinsi Liaoning Tiongkok untuk misi militer di laut pada 25 Mei. Ini adalah pelayaran perdananya untuk pelatihan sejak diresmikan lima bulan lalu, menandai bahwa Shandong terutama tengah membentuk efektivitas tempurnya.
Pelatihan ini untuk menguji kinerja senjata dan peralatan dan meningkatkan tingkat pelatihan kapal induk tersebut, sehingga dapat lebih meningkatkan kemampuan pasukan untuk melakukan misi dan tugas, kata Senior Colonel Ren.
Type 001A Shandong adalah kapal induk Tiongkok generasi pertama yang diluncurkan pada tanggal 26 April 2017 untuk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok. Ini adalah kapal induk kedua yang dibangun oleh industri pertahanan angkatan laut Tiongkok setelah selesainya Liaoning.
Kapal induk pertama Tiongkok, Liaoning, mulai beroperasi pada tahun 2012. Kapal induk kedua Tiongkok (dan juga merupakan kapal induk yang sepenuhnya dibangun sendiri), Type 001A Shandong, mulai memasuki kedinasan pada 17 Desember 2019.
Shandong adalah versi modifikasi dari desain Liaoning yang meliputi beberapa perbaikan desain, termasuk fitur yang dilaporkan akan memungkinkannya untuk memulai dan mengoperasikan air wing yang lebih besar dari 40 pesawat yang mencakup 36 pesawat tempur. Displacement-nya diperkirakan mencapai 66.000 hingga 70.000 ton.
Pesawat tempur berpangkalan kapal induk utama Tiongkok adalah J-15 atau Flying Shark, sebuah pesawat yang berasal dari desain pesawat Su-33 Rusia yang dapat beroperasi dari kapal induk yang dilengkapi dengan ski ramp. Tiongkok dilaporkan berencana untuk mengembangkan varian pesawat tempur generasi kelima stealth J-20 dan/atau FC-31 yang mampu lepas landas dan mendarat di kapal induk kapal induk untuk melengkapi atau menggantikan pesawat J-15 pada kapal induk Tiongkok masa depan yang dilengkapi katapel. Tiongkok dilaporkan juga sedang mengembangkan pesawat drone stealth berpangkalan kapal induk.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon