Kapal JS Izumo Sedang Jalani Modifikasi untuk Menjadi Kapal Induk

KangUsHa 09:39
Loading...
radarmiliter.com - Menurut gambar yang dipublikasikan di akun Twitter "tokyoincident ( restart )" pada tanggal 27 Juni 2020, kapal induk helikopter kelas Izumo Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) sedang menjalani modifikasi untuk menjadi kapal induk. Setelah modifikasi, akan memungkinkan bagi kapal tersebut untuk mengoperasikan pesawat tempur stealth STOVL (Short Take-Off/Vertical Landing) F-35B.
Pada bulan Desember 2018, Kabinet Jepang memberikan persetujuan untuk mengubah kapal tersebut menjadi kapal induk yang mampu mengoperasikan pesawat STOVL F-35B. Pada 30 Desember 2019, Kementerian Pertahanan Jepang menyetujui anggaran Tahun Fiskal 2020 yang akan membiayai modifikasi kapal kelas Izumo untuk pengoperasian F-35B.
Kapal JS Izumo
Kapal JS Izumo  
Saat ini, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang memiliki dua kapal induk helikopter kelas Izumo, yaitu DDH-183 Izumo dan DDH-184 Kaga, keduanya akan dikonversi menjadi kapal induk.
Pada bulan Februari 2018, Yomiuri Shimbun melaporkan bahwa Jepang berencana untuk mengakuisisi 40 pesawat F-35B, varian Short Take-off dan Vertical Landing (STOVL) dari Lockheed Martin Lightning II Joint Strike Fighter (JSF), yang dapat dioperasikan dari kelas Izumo dengan beberapa modifikasi pada kapal tersebut. Diperkirakan bahwa setiap kapal induk kelas Izumo dapat mengoperasikan 12 atau lebih pesawat tempur stealth F-35B.
Salah satu modifikasi paling penting untuk mengubah kelas Izumo menjadi kapal induk adalah perkuatan deck untuk mendukung bobot tambahan F-35B, serta panas dan semburan dari jet selama pendaratan vertikal.
Menurut pakar militer kelautan, JS Izumo dapat mengangkut hingga 28 pesawat termasuk 12 F-35B, 8 tiltrotor Osprey 8 V-22 dan 8 helikopter ASW (Anti-Submarine Warfare) atau helikopter SAR (Search And Rescue), atau 14 pesawat yang lebih besar . Hanya tujuh helikopter ASW dan dua helikopter SAR yang direncanakan untuk pelengkap pesawat. Untuk operasi lain, 400 pasukan dan 50 truk 3,5 ton (atau peralatan setara) juga dapat dibawa. Flight deck memiliki lima tempat pendaratan helikopter yang memungkinkan pendaratan dan lepas landas secara simultan.
Kelas Izumo dipersenjatai dengan rudal SeaRAM 2 x 11 sel yang mampu menghancurkan ancaman subsonik dan supersonik termasuk pesawat terbang, rudal jelajah, drone, dan helikopter, serta dilengkapi dengan 2 sistem senjata close-in Phalanx CIWS dan dua tabung torpedo Triple 324mm.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon