Pesawat Latih Lanjut Taiwan Terbang Perdana

KangUsHa 06:05
Loading...
radarmiliter.com - Angkatan Udara Taiwan, hari Rabu, (10/06) melakukan penerbangan perdana pesawat jet latih lanjut baru T-5 "Brave Eagle" (Yung Yin) dengan sukses.
Pesawat yang terlahir dari program Advanced Jet Trainer (AJT) tersebut lepas landas dari Pangkalan Udara Ching Chuan Kang sekitar jam 9 pagi disertai oleh dua jet tempur F-CK-1D Ching-Kuo dan terbang dengan landing gear diturunkan selama penerbangan hingga akhirnya mendarat.
T-5 "Brave Eagle" (Yung Yin)
T-5 "Brave Eagle" (Yung Yin)  
Menurut Central News Agency (CNA), pengujian hari Rabu tersebut adalah uji yang pertama dari pengujian selama tiga hari yang dilakukan oleh Angkatan Udara Taiwan sebelum uji penerbangan resmi yang diadakan pada 22 Juni di pangkalan udara Taiwan.
Angkatan Udara Taiwan sebelumnya mengatakan AJT telah menyelesaikan uji dinamis dan statis pra-penerbangan yang diperlukan, memungkinkan penerbangan uji dilakukan sekitar akhir bulan ini.
Pesawat bermesin ganda tersebut pertama terlihat pada 2 Juni 2020 di AFB Ching Chuan Kang untuk melakukan uji taxi. AIDC berencana untuk memasok 66 pesawat AT-5 ke Angkatan Udara Taiwan pada tahun 2026 untuk menggantikan pesawat latih AT-3, yang rencananya akan dipensiunkan.
Desain AT-5 didasarkan pada pesawat tempur AIDC F-CK-1 Ching-Kuo dan memiliki mesin yang sama, tetapi AT-5 akan memiliki 80% komponen baru termasuk body komposit. Dibandingkan dengan F-CK-1, AT-5 akan memiliki avionik lebih canggih, kapasitas bahan bakar lebih besar, dan berukuran sedikit lebih besar. Aerofoil sedikit direvisi, dengan sayap lebih tebal daripada sayap F-CK-1 untuk meningkatkan stabilitas pada kecepatan rendah dan ketinggian rendah serta untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan bahan bakar. Ram air scoop F-CK-1 telah dirancang ulang, bekerjasama dengan Eaton Corporation dengan dua aluminum laser powder bed fusion printed part menggantikan 22 part asli. Meggitt akan memasok roda utama, rem karbon, dan sistem kontrol rem seperti pada AT-3 dan F-CK-1. Martin-Baker memasok sistem kursi lontar. Lebih dari 55% komponen pesawat dibuat di Taiwan. Dilaporkan bahwa pesawat tersebut sejak awal didesain untuk berperan sebagai pesawat latih dimasa damai dan pesawat tempur dimasa perang.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon