Tentara Tiongkok Distrik Tibet Latihan Howitzer Swa Gerak PCL-09 di Dataran Tinggi - Radar Militer

23 Juni 2020

Tentara Tiongkok Distrik Tibet Latihan Howitzer Swa Gerak PCL-09 di Dataran Tinggi

radarmiliter.com - Howitzer swa-gerak beroda ban 6x6 PCL-09 yang tergabung pada Komando Militer Xizang (Distrik Militer Tibet) Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) baru-baru ini melakukan latihan penembakan salvo pada wilayah di ketinggian lebih dari 4.700 meter di atas permukaan laut, untuk secara komprehensif menguji koordinasi pasukan dan kemampuan merespon dengan cepat. Lebih lanjut latihan itu disebutkan bertujuan meningkatkan kemampuan tempur Tentara Pembebasan Rakyat diketinggian tinggi bagi pasukan yang ditempatkan di Tibet. Tidak disebutkan secara pasti kapan dan dimana latihan tersebut dilaksanakan. Howitzer swa-gerak PCL-09 telah digunakan sebelumnya oleh brigade artileri di Tibet selama pertikaian Tiongkok-India tahun 2017.
Latihan Howitzer Swa Gerak PCL-09
Latihan Howitzer Swa Gerak PCL-09  
PCL-09 atau dengan nama ekspor CS/SH1 adalah howitzer swa-gerak beroda ban dengan meriam kaliber 122mm yang dirancang dan diproduksi oleh Perusahaan Tiongkok Norinco. Baterai PCL-09 terdiri dari 6 howitzer dan pos komando baterai. PCL-09 mirip dengan howitzer beroda ban Prancis Caesar 155mm. PCL-09 menggunakan sasis truk 6×6 beroda ban dengan meriam PL-96 122mm buatan Tiongkok yang dipasang di bagian belakang. Kendaraan dapat siap untuk menembak dalam waktu kurang dari 90 detik setelah dari mode berjalan.
PCL-09 dapat menembak hingga jarak maksimum 18 km dengan amunisi standar, 22 km dengan amunisi extended range dan 27 km dengan amunisi rocket assisted. Rate of fire penembakan mencapai 8 peluru/menit . Meriam 122mm PCL-09 dapat menembakkan amunisi High Explosive Fragmentation (HE-FRAG), cargo, incendiary (bakar), asap, suar, dan semua amunisi standar 122 mm yang digunakan oleh howitzer D-30 Rusia. Dalam posisi penembakan, sekop hidrolik diturunkan di setiap sisi sasis truk untuk menstabilkan platform penembakan.
PCL-09 didasarkan pada sasis truk Shaanxi 6×6. Sebuah kabin tertutup terdapat di bagian depan kendaraan dan memiliki kursi individual untuk lima awak. Ada dua pintu di setiap sisi kabin awak dan satu palka tersedia di sisi kanan atas. PCL-09 menggunakan sasis 6×6 dengan satu gandar di depan dan dua gandar di belakang. Kendaraan dapat melaju pada kecepatan jalan maksimum 85 km/jam dengan jarak jelajah maksimum 600 km. Truk ini dilengkapi dengan sistem pengaturan tekanan ban sentral untuk mengaturs tekanan udara di setiap ban sebagai cara untuk meningkatkan kinerja pada kondisi medan yang berbeda.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb