Tiongkok akan Latihan Militer di Sekitar Kepulauan Paracel yang Disengketakan

KangUsHa 20:03
Loading...
radarmiliter.com - Badan Keselamatan Maritim Tiongkok pada hari Minggu (28/06) mengumumkan rencana Tiongkok untuk melakukan latihan militer di sekitar Kepulauan Paracel di Laut Cina Selatan, wilayah di mana Tiongkok dan Vietnam saling mengklaim kedaulatan.
Latihan akan diadakan dari tanggal 1 hingga 5 Juli, dan menurut pengumuman tersebut, semua kapal dilarang berlayar di daerah itu selama periode itu, sebuah langkah yang dapat menyebabkan reaksi besar dari Vietnam.
Latihan Militer
Latihan Militer  
Tiongkok telah melakukan latihan militer di dekat Kepulauan Paracel hampir setiap tahun dalam upaya untuk memperkuat kendali atas wilayah tersebut dan berusaha membuatnya tidak dapat diubah.
Dalam langkah keras yang serupa, Tiongkok pada bulan April lalu mengumumkan pembentukan distrik administratif baru di Laut Cina Selatan - satu berkedudukan di Paracel dan yang lainnya Kepulauan Spratly. Ada juga beberapa langkah agresif oleh kapal-kapal Tiongkok yang tidak hanya memprovokasi Vietnam tetapi juga meningkatkan kewaspadaan negara-negara tetangga lainnya.
Selama KTT ASEAN virtual yang diselenggarakan oleh Vietnam pada hari Jumat lalu (26/06), para pemimpin menyatakan keprihatinan atas cara-cara tidak bersahabat Tiongkok. Pernyataan ketua ASEAN menekankan "pentingnya menjaga dan mengutamakan perdamaian, keamanan, stabilitas, keselamatan dan kebebasan navigasi dan terbang di atas Laut Cina Selatan."
Cina telah mengklaim bahwa Laut Cina Selatan adalah "kepentingan inti" yang penting untuk mempertahankan kontrol politik Partai Komunis Tiongkok dan telah menunjukkan sikap keras kepala dalam melakukan latihan militer di kawasan tersebut.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon