Kapal Destroyer Type 052D yang Telah Diupgrade, untuk Pertama Kalinya Berlayar

KangUsHa 17:29
Loading...
radarmiliter.com - Di tengah meningkatnya ketegangan di Selat Taiwan, Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) memberangkatkan versi terbaru dari kapal destroyer berpeluru kendali Type 052D yang dilengkapi dengan radar meter wave baru untuk mendeteksi pesawat tempur stealth dan helicopter deck yang lebih panjang untuk mengakomodasi helikopter serang/angkut Z-20 versi laut.
Destroyer Type 052D yang Telah Diupgrade
Destroyer Type 052D yang Telah Diupgrade 
Pada awal Juli, armada destroyer yang tergabung dengan Komando Angkatan Laut Wilayah Timur PLA melakukan latihan di lokasi yang dirahasiakan di Laut Cina Timur. Subjek pelatihan termasuk pertahanan udara dan rudal, serangan terhadap kapal permukaan, dan operasi anti-kapal selam bersama, PLA Daily melaporkan.
Menurut perincian lebih lanjut yang dirilis dalam satu pernyataan dan foto-foto yang diposting oleh Armada Laut Cina Timur PLA pada hari Jumat (10/07), latihan tersebut menampilkan destoyer berpeluru kendali Zibo, yang memiliki nomor lambung 156, di antara beberapa kapal perang lainnya. Zibo adalah kapal pertama destroyer Type 052D versi yang telah diupgrade milik AL PLA.
Dibandingkan dengan Tipe 052D versi awal, Tipe 052DL memiliki helicopter deck yang lebih panjang, untuk memungkinkan kapal tersebut membawa helikopter Z-20 dan dilengkapi dengan radar jarak jauh meter wave baru pada tiang belakangnya untuk dapat dengan lebih baik mengatasi pesawat tempur stealth lawan, kata artikel itu.
Latihan itu dilakukan pada saat ketegangan meningkat di Selat Taiwan, karena AS tidak hanya menyetujui penjualan senjata baru ke Taiwan pada hari Kamis (09/07) tetapi juga mengirim kapal destroyer ke perairan utara pulau Taiwan dan melakukan pengintaian jarak dekat di Daratan Tiongkok pada hari Jumat (10/07), menurut South China Sea Strategic Situation Probing Initiative (SCSPI), sebuah think tank pro Beijing.
Tipe 052D versi awal menggabungkan desain, serta sensor dan senjata yang disempurnakan. Tata letaknya sedikit berbeda dari kelas Type 052C sebelumnya, karena struktur atasnya condong ke dalam pada sudut yang lebih besar untuk mengurangi radar cross-section.
Destroyer pertahanan udara ini dilengkapi dengan sistem multifunction phased-array radar Type 346A empat panel, yang dikombinasikan dengan sistem peluncur rudal vertikal (VLS) 64-sel untuk membawa pertahanan udara area jarak jauh, rudal anti-kapal modern, dan membawa rudal jelajah serang darat. Peluncur VLS dipasang dalam dua set masing-masing 32-sel, satu di depan hanggar helikopter dan yang kedua di belakang meriam 5,1 inci.
Destroyer Type 052D dapat membawa rudal jelajah serang darat CJ-10, rudal permukaan-ke-udara (SAM) jarak jauh seri HHQ-9, SAM medium HQ-16 dan DK-10A, rudal anti-kapal YJ-18 / YJ-83, serta roket anti-kapal selam seri CY-5.(Angga Saja-TSM)
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon