Korea Selatan Pesan 20 Pesawat Latih/Serang Ringan TA-50 Block 2

KangUsHa 15:01
Loading...
radarmiliter.com -  Badan Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA) telah memberikan kontrak senilai KRW688,3 miliar (USD572,8 juta) kepada Korea Aerospace Industries (KAI) untuk pengadaan 20 pesawat lead-in fighter trainer/light attack TA-50 Block 2.
TA-50 Block 2
TA-50 Block 2 
Dalam sebuah pernyataannya tanggal 29 Juni, DAPA mengatakan bahwa pemesanan yang baru-baru ini dilakukan dirancang untuk memenuhi persyaratan pelatihan tempur udara Angkatan Udara Republik Korea (RoKAF). Badan tersebut telah mengungkapkan tiga hari sebelumnya bahwa Komite Proyek Pertahanannya telah menyetujui rencana untuk memperoleh sejumlah pesawat Blok 2 yang tidak disebutkan di bawah proyek yang dianggarkan sekitar KRW1 triliun yang diharapkan akan selesai pada tahun 2024.
Blok 2 adalah varian yang ditingkatkan dari TA-50 Blok 1, 22 unit di antaranya saat ini dalam kedinasan RoKAF.
TA-50 hampir identik dengan pesawat latih jet canggih KAI T-50 Golden Eagle tetapi dilengkapi radar Elta EL/M-2032 dan kompatibel dengan rudal udara-ke-udara AIM-9 Sidewinder dan rudal udara ke permukaan AGM-65 Maverick. TA-50 Block 2 dilaporkan akan menampilkan komponen internal yang sama dengan FA-50 kecuali untuk transponder Link-16.
Kebutuhan pesawat latih RoKAF diperkirakan akan meningkat secara signifikan di masa depan karena akan pensiunnya pesawat latih Northrop F-5F yang sudah tua dan masuknya platform tempur garis depan RoKAF, termasuk Lockheed Martin F-35 Lightning II Joint Strike Fighter (JSF). Pengadaan tambahan TA-50 ini akan mengalihkan peran pesawat F/KF-16D untuk sepenuhnya sebagai peran tempur.(Angga Saja-TSM)
Sumber :  janes.com
Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon