Lima Jet Tempur Rafale AU India Tiba di Pangkalan Udara Ambala - Radar Militer

30 Juli 2020

Lima Jet Tempur Rafale AU India Tiba di Pangkalan Udara Ambala

radarmiliter.com - Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut kedatangan batch pertama terdiri dari lima jet Rafale di Pangkalan Udara IAF di Ambala, Rabu (29/07). Kedatangan pesawat-pesawat Rafale tersebut dikawal oleh dua pesawat Su-30 MKI ketika armada Rafale memasuki wilayah udara India. 
Jet Tempur Rafale AU India
Jet Tempur Rafale AU India 
Kepala Staf Angkatan Udara India Air Chief Marshal RKS Bhadauria menerima armada Rafale tersebut di Ambala. Lima pesawat tempur, yang diterbangkan oleh pilot Angkatan Udara India, tiba di Ambala India setelah menempuh jarak 7.000 km dengan pengisian bahan bakar udara ke udara dan satu kali pemberhentian di Uni Emirat Arab. Pesawat akan secara resmi diresmikan masuk kedinasan AU India pada paruh kedua bulan Agustus.
India telah membeli 36 pesawat tempur bermesin ganda Rafale dari Dassault Rafale dengan perkiraan harga Rs 58.000 crore, melalui perjanjian antar pemerintah yang ditandatangani pada 2016. Sebelumnya No. 17 Squadron "Golden Arrows" Angkatan Udara India telah dihidupkan kembali dalam rangka persiapan masuknya Rafale ke kedinasan AU India. 
Golden Arrows dibentuk pada tahun 1951 dan telah terlibat dalam sejumlah operasi penting sepanjang sejarah mereka, termasuk Perang Kargil. Tetapi setelah AU India mulai menghapus pesawat tempur Mig-21 yang dioperasikan oleh Golden Arrows, skuadron tersebut dibubarkan pada tahun 2016.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb