Usulan Sistem dan Persenjataan untuk Future Frigate Angkatan Laut Amerika Serikat

KangUsHa 12:29
Loading...
radarmiliter.com - Setelah bertahun-tahun melakukan analisis dan kompetisi internasional, Angkatan Laut Amerika Serikat akhirnya memilih pembuat kapal Italia Fincantieri untuk membangun desain "future frigate" FFG (X) di galangan kapal Marinette Marine di Wisconsin.
Program FFG (X) adalah program Angkatan Laut AS untuk membangun kelas terdiri dari 20 frigat peluru kendali (FFG). Kongres mendanai pengadaan kapal FFG (X) pertama di tahun fiskal 2020 dengan biaya $ 1.281,2 juta (sekitar $ 1,3 miliar). Anggaran Angkatan Laut AS yang diusulkan untuk tahun fiskal 2021 adalah sebesar $ 1.053,1 juta (sekitar $ 1,1 miliar) untuk pengadaan FFG (X) kedua. Angkatan Laut AS memperkirakan bahwa tiap kapal berikutnya di kelas tersebut akan menelan biaya sekitar $ 940 juta.
Ilustrasi Future Frigate Angkatan Laut Amerika Serikat
Ilustrasi Future Frigate Angkatan Laut Amerika Serikat 
Empat tim industri bersaing untuk program FFG (X). Pada 30 April 2020, Angkatan Laut mengumumkan bahwa mereka telah memberikan kontrak FFG (X) kepada tim yang dipimpin oleh Fincantieri/Marinette Marine (F/MM) dari Marinette, WI. F/MM mendapat kontrak insentif harga tetap (target perusahaan) untuk Detail Design and Construction (DD&C) untuk hingga 10 kapal dalam program ini — kapal pertama plus sembilan kapal berikutnya.
Didesain berdasarkan kapal FREMM multimission Italia (Fregata Europea Multi-Missione), frigat berpeluru-rudal ini akan dioptimalkan untuk operasi di lingkungan perairan blue water dan pesisir dan akan menggabungkan sejumlah modifikasi desain untuk Angkatan Laut AS.
Kapal tersebut akan menjadi kapal perang permukaan kecil multimission yang mampu melakukan perang anti-udara (AAW), perang anti-permukaan (ASuW), perang anti kapal selam (ASW), dan operasi perang elektronik (EW).
Dibandingkan dengan konsep FF yang muncul dari restrukturisasi program LCS Februari 2014, FFG (X) meningkatkan kemampuan AAW dan EMW, dan meningkatkan kemampuan bertahan dalam pertempuran.
Kapal akan dapat beroperasi baik secara mandiri (sesuai dengan misi yang ditugaskan) atau sebagai bagian dari formasi yang lebih besar.
Dalam hal sistem senjata, kapal frigat tersebut akan dilengkapi dengan semua peralatan sebagaimana diuraikan oleh persyaratan Angkatan Laut AS, diantaranya: (Angga Saja-TSM)
  • Meriam utama Mk110 57mm
  • 32x Mk41 VLS untuk SM-2 dan ESSM
  • 16x rudal anti-kapal NSM
  • 21x RAM close in weapon system.

Frigat tersebut akan dilengkapi dengan radar AN/SPY-6(V)3 dari Raytheon dan sistem manajemen tempur Aegis baseline 10.
  • Displacement : 6.700 ton
  • Panjang : 151,18 m
  • Lebar : 19,81 m
  • Draft : 7,92 m
  • Mesin : CODLAG
  • Kecepatan : >26 knot
  • Jangkauan : 6.000 mil laut (11.000 km) pada kecepatan 16 knot

Loading...

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb
EmoticonEmoticon