AL AS Percepat Pengembangan Pesawat Tempur Kapal Induk Next-Generation - Radar Militer

23 Agustus 2020

AL AS Percepat Pengembangan Pesawat Tempur Kapal Induk Next-Generation

radarmiliter.com - Angkatan Laut Amrika Serikat telah mulai berdiskusi dengan para kontraktor tentang pesawat tempur berawak next generation, pesawat tempur berpangkalan kapal induk baru, pertama dalam hampir 20 tahun terakhir. Sekarang ada kantor program untuk inisiatif Next Generation Air Dominance (NGAD), kata pejabat akuisisi tertinggi AL AS, James Geurts, minggu lalu, menurut USNI News.
Pesawat Tempur Kapal Induk Next-Generation
Pesawat Tempur Kapal Induk Next-Generation 
Meski platform F/A-XX merupakan pesawat tempur generasi keenam, pihaknya enggan membicarakan pesawat baru tersebut. Angkatan Laut AS sejak awal dari proses pengembangan Next Generation Air Dominance, atau F/A-XX, telah menyelesaikan analisis alternatif pada Juni 2019, serta persyaratan dan panduan luas untuk konsep operasinya.
Menurut USNI News, untuk pesawat tempur generasi keenamnya, Angkatan Laut AS berencana untuk mencari desain yang sepenuhnya baru, bukan desain turunan dari pesawat yang sudah ada di jalur produksi.
Berbagai teknologi next-generation dapat dieksplorasi untuk pesasat baru tersebut, termasuk konektivitas sensor maksimum, dan "smart skin" yang dikonfigurasi secara elektronik. Konektivitas maksimum mengacu pada teknologi sensor dan komunikasi yang meningkat secara masif, seperti memiliki kemampuan untuk terhubung dengan satelit, pesawat lain, dan apa pun yang memberikan informasi medan perang secara real-time.
AL AS awalnya menginginkan pesawat siap pada tahun 2030-an, tetapi mereka akan mencoba untuk mempercepat timeline untuk menggantikan F/A-18E/F Super Hornet saat pesawat tersebut mencapai batas usia terbang maksimumnya.(Angga Saja-TSM)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

- Berkomentarlah yang sopan dan bijak sesuai isi artikel/ berita;
- Dilarang berkomentar SPAM, SARA, Politik, Provokasi dsb